Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Captiva Bensin / Diesel

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Captiva Bensin/Diesel - Dengan penjelasan ini maka anda akan tahu tentang kelebihan Chevrolet Captiva menggunakan bahan bakar Bensin dan juga Diesel, dan kami juga jelaskan kekurangan dari Chevrolet Captiva yang menggunakan Diesel dan Bensin, memang terserang orang yang memilih ada yang suka mesin diesel dan juga ada yang suka mesin bertenaga bensin, pastinya ada kekurangan dan kelebihan untuk Chevrolet Captiva ini. Maka dari itu kami sampaikan disini selengkapnya.


Spesifikasi Chevrolet Captiva

Mesin : 2.4 liter bensin DOHC dan 2,0 liter turbodiesel SOHC.DOHC MPFI VVT.
Tenaga maksimum : 141 HP @5.000 RPM (bensin), 152 HP @4.000 RPM (diesel).
Torsi puncak : 212 Nm @2.200 - 4000 RPM (bensin), 310 Nm @2000 RPM (diesel).
Konsumsi  BBM bensin : 7-8km / L (dalam kota), 9-11km / L (luar kota).
Konsumsi  BBM diesel : 9-10km / L (dalam kota), 11-13km / L (luar kota)
Transmisi : 6-speed manual, 6-speed otomatis.
Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang torsion beam.
Rival : Hyundai Santa Fe, Kia Sorento, Nissan X-Trail T31, Mazda CX-7, Suzuki Grand Vitara, Mitsubishi Outlander Sport dan Honda CRV.
Tahun penjualan : 2007- 2015.

Harga Chevrolet Captiva Baru

2.4 AT – Rp. 380.900.000,-
2.4 AT Sugar White Metallic – Rp. 386.900.000,-
2.0 AT FWD (Diesel) – Rp. 398.000.000,-
2.0 AT FWD Sugar White Metallic (Diesel) – Rp. 404.000.000,-
2.0 AT AWD (Diesel) – Rp. 456.200.000,-
2.0 AT AWD (Diesel) Sugar White Metallic – Rp. 462.200.000,-

Harga Chevrolet Captiva Bekas

Captiva pre-facelift bekas mesin bensin tahun 2007 hingga 2010 dijual di kisaran harga 140 - 180 jutaan, sedangkan yang bermesin diesel untuk tahun yang sama biasanya lebih mahal 10 jutaan. Ini dikarenakan banyaknya konsumen yang memilih varian diesel sehingga harga jualnya lebih bertahan dari varian mesin bensin. Untuk versi facelift bekas bermesin bensin tahun 2011 hingga 2015 dijual di rentang harga 200 - 340 juta dan untuk versi diesel perbedaan harganya bisa mencapai 20 jutaan dari mesin bensin.

Kelebihan Chevrolet Captiva

Tenaga responsif (mesin diesel).
Konsumsi BBM efisien, kecuali mesin bensin.
Legroom baris kedua lapang.
Adanya pilihan penggerak AWD.
Torsi untuk kedua mesin tergolong besar.
Mesin minim getaran.
Tempat penyimpanan banyak.
Fitur standar memadai.
Dilengkapi dengan kursi barisan ketiga.

Kekurangan Chevrolet Captiva

Kabin kurang ergonomis.
Suspensi keras.
Kualitas interior biasa saja.
Profil ban janggal.
Penggereman buruk.
Transmisi matic agak lemot.
Biaya sparepart dan perawatan mahal.
Kursi baris ketiga sempit, hanya cocok diduduki oleh anak-anak.

Eksterior Chevrolet Captiva

Dari luar, Captiva terlihat sporty, tangguh, kokoh dan maskulin mirip dengan kompetitor terdekatnya, yaitu Honda CRV gen 3, namun pastinya dengan ukuran yang berbeda. CRV gen 3 sedikit lebih pendek dan kurang tinggi jika dibandingkan dengan body bongsor Captiva. Untuk versi pre-facelift, lampu utama masih menggunakan model runcing dan membulat. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Sedangkan eksterior Captiva facelift, telah mengusung grill besar dan bumper lebih sporty. Lampu depan di desain ulang dan maih menggunakan lampu proyektor halogen. Tampilan meluas ke fasia belakang. Secara keseluruhan, penampilan luar dari Captiva facelift sangat kental dengan ciri khas mobil Amerika.

Interior Chevrolet Captiva


Chevrolet Captiva mengusung interior yang telah dibekali berbagai fitur menarik, seperti tempat penyimpanan yang banyak, cruise control, control audio di setir dan adanya kursi pada baris ketiga. Namun sayangnya, pada versi pre-facelift pada konsol tengahnya belum dilengkapi MID berupa layar LCD seperti pada versi facelift. Sebagai gantinya, dudukan tersebut diisi oleh seperangkat tape dan dibagian bawahnya ditambahkan tempat penyimpanan koin.

Beralih ke versi facelift, interior yang diusung masih menggunakan desain yang persis sama. Perbedaan yang paling kentara dengan versi pre-facelift adalah adanya MID seperti yang telah disebutkan di atas. Namun upgrade tersebut masih dirasa kurang, karena material yang digunakan terkesan biasa saja, berupa plastik yang rentan terkena goresan. Bagi Anda pecinta nuansa kemewahan mungkin akan menilai mobil ini jauh dari kesan mewah, karena opsi wood panel tidak dihadirkan bahkan pada Captiva Prime yang merupakan tipe tertinggi dan termahal. Selain itu, ventilasi AC hanya ada di bagian dashboard depan.

Performa Mesin Chevrolet Captiva


Pada versi pre-facelift, Captiva dilengkapi oleh mesin bensin 2,4 liter DOHC yang mampu memproduksi tenaga hingga 141 HP pada rev 5000 RPM dan torsi puncak 212 Nm pada rev 2200 - 4000 RPM.

Sedangkan untuk mesin turbo diesel 2,0 liter common rail SOHC mampu memuntahkan tenaga hingga 152 HP pada putaran mesin 4000 RPM dan torsi puncak 310 Nm pada putaran 2000 RPM. Mesin diesel ini juga digunakan pada versi penggerak AWD yang diluncurkan pada tahun 2009.

Dikarenakan keterbatasan yang Topgir akhirnya ulasan mengenai mesin hanya terbatas pada versi pre-facelift saja. Beberapa fakta menyebutkan versi facelift masih menggunakan kedua kapasitas mesin yang sama seperti pendahulunya, namun teknologi yang dibawanya telah uptodate sehingga tenaga yang mampu dihasilkan oleh kedua varian mesin ikut bertambah dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Impresi dan Handling Chevrolet Captiva

Meskipun telah disuguhi dengan kedua mesin yang bertenaga mumpuni, namun disinilah faktor utama kelemahan Chevrolet Captiva pre-facelift. Hal ini dikarenakan penggunaan profil ban yang kurang cocok dimana velg 17 inci dibalut dengan ban berukuran 215/70. Sehingga pengendalian mobil ketika bermanuver di tikungan menimbulkan body roll ataupun limbung. Namun ban ini telah dikoreksi pada versi facelift yang kini menggunakan profil ban 235/60 yang membuat pengendaliannya menjadi lebih sempurna.

Oke sekian dari kami tentang info Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Captiva Bensin / Diesel  yang kami berikan diatas tersebut, dan kami akan selalu berbagi dengan anda tentang kelebihan dan kekurangan mobil lainnya disini ya.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Captiva Bensin / Diesel "

Posting Komentar