Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla - Mobil ini adalah mobil berjenis City Car yang memang mempunyai body yang rampin dan ramah lingkungan juga untuk Ayla ini. Untuk harga yang disampaikan oleh Dihatsu Ayla sangat terjangkau sekali dimana ini mobil sangat low cost yang pastinya banyak orang akan menyukai Ayla. Sebelum membeli maka kami akan sampaikan kepada anda semua disini tentang Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla sehingga anda tahu apa yang menjadi salah satu kelebihan Ayla dan juga kekurangan dari mobil Ayla tersebut.


Spesifikasi Daihatsu Ayla

Mesin : 1KR-DE DOHC 1.0 liter, 3 silinder segaris 12 katup VVTi.
Tenaga : 64 HP @6.000 RPM.
Torsi : 86 Nm @3.600 RPM.
Bore x Stroke : 71 mm x 84 mm.
Rasio kompresi : 10:1.
Konsumsi BBM : 8-14 km / L (dalam kota), 17 - 19 km / L (luar kota).
Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
Suspensi : Depan McPherson strut, semi independent torsion axle beam.
Rival : Toyota Agya, KIA Picanto Morning, Suzuki Karimun Wagon R, Honda Brio Satya, Mitsubishi Mirage, Nissan March, serta Datsun Go Panca.
Tahun Penjualan: 2013 - sekarang.

Harga Daihatsu Ayla

Di pasar lokal, harga yang ditawarkan untuk Ayla sangat menggiurkan. Berkisar antara 85 juta hingga 123 jutaan, dengan varian terendah tipe D, varian menengah tipe M dan tertinggi tipe X. Sedangkan untuk harga bekasnya berkisar antara 65 jutaan hingga 85 jutaan saja tergantung tipe varian dan tahun produksi. Jika Anda belum mampu mengambil varian tertinggi, pastikan untuk meminang varian menengah, karena varian terendah sangat minim fitur elektrikal, fitur keselamatan dan beberapa fitur penting lainnya.

Kelebihan Daihatsu Ayla

Kabin lega.
Bagasi luas.
Konsumsi BBM relatif irit untuk rute kombinasi.
Layanan servis memadai.
Ketersediaan sparepart terjamin.
Setir ringan dan radius putar kecil.
Harga terjangkau dan resale value bertahan.

Kelebihan Daihatsu Ayla

Minim cupholder.
Bentuk doortrim jelek.
Getaran mesin cukup terasa.
Peredaman kabin buruk.
Kualitas interior murahan.
Butuh rpm tinggi ketika di tanjakan.

Eksterior Daihatsu Ayla

Dilihat dari luar, desainnya terlihat lumayan cantik, dengan menggunakan spion yang persisi dengan Xenia. Grill depan berukuran besar, memastikan sistem pendinginan mesin menjadi maksimal karena banyak asupan udara yang masuk. Namun karena versi downgrade dari Agya, pastinya Ayla ini terlihat lebih polos, meskipun terdapat beberapa aksen krom di sekeliling body depan di tipe menengah dan tipe tinggi.

Ketika dilihat dari samping, bentuk kaca Ayla terlihat serupa dengan KIA Picanto Cosmo. Mulai dari dimensi dan lekukan belakang. Sedangkan bagian bokongnya sendiri tidak ada perbedaan dengan Agya, kecuali di bentuk bumper dan absennya wiper dan reflektor di tipe terendah.

Interior Daihatsu Ayla

Disinilah poin plus yang menjadikan Ayla dan Agya sebagai pemegang rekor penjualan utama dalam segmen City Car LCGC. Ruang kabinnya sangat lega, begitu pula ruang penyimpanan bagasinya. Bagi Anda yang berpostur jumbo, tidak terlalu masalah karena ruang kaki dan ruang lutut Ayla menyisakan space yang besar, kecuali untuk headroom yang terkesan terlalu sempit.

Poin menarik selanjutnya adalah dashboard. Desainnya terlihat sangat modern dengan skema warna silver pada bagian tengah. Namun sayang, ornamen silver ini cepat terkelupas dan menghitam dalam waktu singkat. Susunan panel dashboardnya sendiri dapat dikuasai dengan mudah karena user friendly dan berada tidak terlalu jauh dari jangkauan pengemudi ataupun penumpang depan.

Bagian penting terakhir dalam ruang kabin adalah jok. Jok yang digunakan benar-benar tipis. Terasa menyulitkan ketika menempuh perjalanan jauh. Kursi bagian depan headrestnya menyatu, tidak terpisah seperti sedan jaman 90-an pada umumnya. Sedangkan headrest kursi belakang dapat diatur sesuai keinginan penumpang.

Kinerja dan Performa Mesin Daihatsu Ayla


Sama halnya dengan Toyota Agya, Ayla juga mempercayai mesin 1KR-DE injeksi DOHC dengan kapasitas 1.0 liter (1.000cc). Mesin ini berkonfigurasi 3 silinder 12 katup dan mampu memproduksi tenaga maksimum sebesar 64 HP pada putaran mesin 6.000 RPM. Sedangkan torsinya hanya sebatas 86 Nm pada 3.600 RPM. Cukup disayangkan karena tenaga dan torsinya beda tipis dengan Suzuki Carry produksi tahun 1988. Tenaga mesin disalurkan ke roda depan, dibantu oleh transmisi manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan (hanya ada di varian menengah dan tertinggi).

Impresi dan Handling Daihatsu Ayla

Dalam dunia otomotif, mesin 3 silinder yang dicangkokkan sebagai dapur pacu mobil memang terkenal lemah dan getarannya cukup terasa, khususnya ketika idle. Namun segalanya dapat ditebus oleh bobot body mobil yang ringan. Digunakan stop and go di kemacetan pun bukan masalah, kecuali ketika ingin mendahului kendaraan lain di jalan tol dalam kecepatan menengah hingga tinggi.

Untuk handlingnya sendiri juga serupa dengan Agya, terasa hambar. Biasa saja dan tidak ada yang spesial. Bantingan suspensi terasa keras dan mudah gesrot saat mobil diisi penuh. Hal ini dapat diakai dengan menggunakan damper shock aftermarket yang banyak dijual secara online maupun offline. 

Oke sekian dari kami tentang Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla tersebut diatas sehingga anda tahu tentang Daihatsu Ayla ini.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla "

Posting Komentar